Sunday, January 13, 2013

Pertama kali ikut lomba menulis tahun 2010.

 **2010

Pertama kali yang membuatku senang ikut lomba menulis adalah, aku ingin dimasa SMA-ku memiliki sebuah prestasi. Karena orang-orang disekitarku berprestasi,ada yang menang lomba nulis, lomba cerpen dll. Trus, apa ? aku ini siapa? hahahaah . Karena banyak orang sekitar yang begitu akupun ingin rasanya berdiri di atas panggung karena memenagkan sesuatu  :)

Lomba yang pertama kali kuikut itu adalah lomba karya tulis Ilmiah tingkat siswa dan Mahasiswa Aceh dan Sumatra Utara.. Di kelas XI-IPA - 1 dekat dengan ruang pengajaran, ketika berjalan-jalan melihat pengumuman lomba itu tertera. Now! it's time to me to Shine!!!! haahahahah  :D. Temanya "Restorasi Ekosistem Hutan TNGL Sebagai Kontribusi Upaya Pemulihan Jasa dan Lingkungan dan perlindungan Habitat orangutan Sumatra" ( Beraaat Temanya haahaahahah)

 :). It's so Excited!! mencari bahan... mencari bahannnn... ke perpus sekolah, ke pustaka wilayah. Fotokopi bahan itu untuk dilanjutin tulis di rumah Akhirnya Done, sehari siapnya aja cuma selembar haahhaa, bad track record, But actually i think it's great!. a mendapat inspirasi. keesokannya konsul sama budiana, masalah judul dan tulisan dan sayAkhrinya selesailah beberapa halaman yang aku sendiri lupa berapa jumlahnya, karena datanya sudah hilang.

*pagi sebelum ngirim berkas
Di lomba diminta surat semacam bukti bahwa karya kita itu asli dan supaya membuktikan bahwa itu benar tulisan aku. Dan suratnya telah kubuat dengan melihat contoh2 di internet...maklum secara kan gue baru pertama ikut lomba nulis. hahaha haha dan terbuatlah surat itu tinggal minta tanda tangan bu diana saja, dengan ada materai Rp.6000. Dengan penuh semangat mencari ibu.. ternyata ibu sudah pulang... Hiks.

Temanku Ridha aulia menemaniku saat itu, dan akhirnya aku minta tanda tangan dia aja. heehheheh  :) karena gak tau harus gimana lagi
(ada saja masalah kalau terlalu bersemangat, tapi itulah hidup)


***Sebelum pengiriman menggunakan jasa kirim cepat

Malam itu aku mampir ke organisasi sebentar,
letaknya di alkahfi itu ada di darussalam samping fakultas ekonomi. Di sana aku sempat berbicara sama teman-teman di sana. And,,, aku mengajak bahas bagaimana cara menulis karya tulis Ilmiah yang baik. I meet kak Susi Maharni Risma, and Mr.Normansyah pan. They help me. And i realized..... Banyak kesalah kata-kata di sana sini. dan kak susi bilang
"Jangan terlalu boros kata-kata, kalau bisa dipersingkat, singkat-singkat aja jangan banyak perulangan" hahhahaah.
I got! 1st lesson about writing. SPJ ( Singkat Padat jelas) dont repetition.

*** selesai di alkahfi

selesai, aku langsung cetak di dolphin net karena murah, tulis alamat dengan panik. Dan sampai ke Tiki malam itu, emang sih itu bukan kantor tiki. Tapi semacam franchisenya gitu. Tempatnya di lamprit  tempat itu sekaligus tempat laundry gitu. Itu tepatnya malam minggu (lupa tanggal). Bilang sama ibu itu minta ngirim express, cek lagiii kelengkapan berkas, DAN!!! ternyata aku salah nulis judul dan alamatku, panik panik!!! Panik!! malu!! dan kucoret yang salah-salah kutulis ulang.  dengan penuh keringat kepanikan hahhahah. Karena deadlinenya itu selasa.

Done! akhirnya masalah itu teratasi, aku minta kirim express ke medan, dan minta kepastian
"BU bisa kan sampek hari selasa berkasnya ke medan?"
"Tenang aja, kalo express bisa sampek koq"
Tenaaaang hatiku mendengarnya.


*** hari pengumuman Lomba

Sibuk terus-terusan nelfon-nelfon panitia berharap bisa jadi juara, karena kalau menang diundang ke medan.
Tak diangkat.. tak diangakat,, (gak tau kalau tu panitia sedang sibuk ) hahahah
akhirnya beberapa kali nelfon diangat.

"Bang kapan pengumumannya?"
"akan segera diumumkan, tunggu ya"

Semakiiin berdebarrrrrrrrrr kencang....jantung ini.

Dan pengumuman sudah berlalu, panitia tak menghubungiku, Dan itu berarti aku tidak menag.. hahhhaa

Kecewa siiiih, tapi karena itu pertama kali gak papa daaah.:)

1 bulan kemudian, panitia dari lomba itu mengirim sertifikat. Anehnya sertifikat itu dikasih ke rumah temanku, rupanya salah satu panitia itu saudara temanku. Sara Ramadhayani, aku ambil di rumah dia.  Di dalam amplop coklat gitu dan amplopnya itu masih kusimpan sampai sekarang. hahaahahaha. (gak ada kerjaan).

Inilah dia saksi bisu hidup dalam menulis haaahahah

(di foto, Sertifikat, amplop, kertas penjurian di dalamnya ada nilai yang diperoleh peserta, dan list peserta )
Senang rasanya...
Mendapatkan itu semua.




Inilah dia list peserta Lomba waktu itu
Hahahah nama gue situ di awal, dan satu orng cuman dari SMAN 3, *proud haahahaha


 dan ini dia nilai saya dapat nilai 161 (P19)

yang namanya di beri warna abu-abu itu juara 2. Dan setelah kuhitung- hitung dengan nilai antara semuanya. dari 63 peserta yang terdaftar. Aku Masuk juara 19 hahahah atau 20 besar laaaah. Walau gak ada katagori pemenang itu aku bangga! masuk 20 Besar di lomba menulis pertama se-Aceh dan Se- Sumatera :D heheehehhe pastinya dengan bantuan orang-orang sekitarku, Thank's all guys!!!, Friends, Teacher , Library , etc. hahahahah  :)

 Tedeeeeng inilah sertifikatnya!!! Dengan bangga Mempersembahkan! hahaahah
Inilah cerita singkat.. tentang awal mula suka dan ikut - ikut lomba menulis.
Maaf jika ada kesalahan penulisan kata  :D terima kasih telah berkunjung kmeari.. Commentnya ya.. heheeheh

No comments:

Post a Comment