Monday, January 10, 2011

Air Untuk Masa Depan

Bab I
Pendahuluan
A.Latar Belakang

       Dewasa ini banyak orang yang menganggap bahwa air merupakan salah satu Sumber Daya Alam (SDA) yang dapat diperbarui. Sangat berbeda dengan bahan tambang seperti minyak bumi sehingga penggunaannya harus diirit. Padahal jika dipertimbangkan lagi, hal ini tidak sepenuhnya benar. Karena faktanya air merupakan salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui dikarenakan ketersediaan air bersih di abad 21 ini menjadi langka baik di pedesaan maupun di daerah perkotaan. Persepsi orang pada umumnya terhadap air yaitu sebagai Sumber Daya Alam (SDA) yang dapat diperbarui dapat berakibat fatal bagi keberadaan air bersih di dunia. Orang-orang akan memakai air secara tidak teratur, tidak hemat dan membuangnya secara percuma.
      Menurut LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), wilayah Indonesia memiliki 6% dari persediaan air di dunia atau sekitar 21%
persediaan air di Asia Pasifik, namun kelangkaan dan kesulitan mendapatkan air bersih dan layak pakai, mulai menjadi masalah di banyak tempat.
WALHI (Wahana Lingkungan Hidup Indonesia) menyatakan, hal ini terjadi karena ketersediaan air bersih cenderung berkurang akibat kerusakan alam dan pencemaran, yaitu diperkirakan sebesar 15-35% per kapita per tahun. Dengan jumlah penduduk yang mencapai lebih dari 200 juta, kebutuhan air bersih menjadi semakin mendesak.
       Kekurangan air bersih dapat menyebabkan berbagai macam penyakit pada tubuh manusia salah satunya yaitu Penyakit diare di Indonesia diare merupakan penyebab kematian kedua terbesar bagi anak-anak dibawah umur lima tahun. Sebanyak 13 juta anak-anak balita mengalami diare setiap tahun. Air yang terkontaminasi dan pengetahuan yang kurang tentang budaya hidup bersih ditenggarai menjadi akar permasalahan ini. Sementara itu 100 juta rakyat Indonesia tidak memiliki akses air bersih.
Walaupun air meliputi 70% permukaan bumi dengan jumlah kira-kira 1,4 ribu juta kilometer kubik, namun hanya sebagian kecil saja dari jumlah ini yang dapat benar-benar dimanfaatkan olhe makhluk hidup, yaitu kira-kira hanya 0,003%. Sebagian besar air, kira-kira 97%, ada dalam samudera atau laut, dan kadar garamnya terlalu tinggi untuk kebanyakan keperluan. Dari 3% sisanya yang ada, hampir semuanya, kira-kira 87 persennya,tersimpan dalam lapisan kutub atau sangat dalam di bawah tanah yang sulit untuk dijangkau.

B.Rumusan Masalah

1. Apa yang dimaksud air bersih?
2. Mengapa kita harus menghemat penggunaan air?
3. Apa tindakan yang harus kita lakukan?

C.Tujuan

1. Memberikan informasi kepada pembaca tentang kondisi air yang layak digunakan.
2. Memberikan saran kepada pembaca agar dapat menghemat air dalam kehidupan sehari-hari.

D.Manfaat

1. Pembaca dapat memparktekkan saran-saran cara penghematan air yang dipaparkan dengan mudah.
2. Pembaca dapat informasi terbaru tentang keadaan air yang baik.


BAB II
LANDASAN TEORI

       Air adalah zat atau materi ataupun unsur yang penting bagi kelangsungan semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di bumi, dan tidak dimiliki oleh planet lain. Air menutupi hampir 71% permukaan bumi. Terdapat 1,4 triliun kilometer kubik (330 juta mil³) tersedia di bumi. Air sebagian besar terdapat di laut (air asin) dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan puncak-puncak gunung), akan tetapi juga dapat hadir sebagai awan, hujan, sungai, muka air tawar, danau, uap air, dan lautan es.
Air bersih adalah salah satu jenis sumberdaya berbasis air yang bermutu baik dan biasa dimanfaatkan oleh manusia untuk dikonsumsi atau dalam melakukan aktivitas mereka sehari-hari termasuk diantaranya adalah sanitasi, penyembuhan kesehatan, mandi, minum dan lain-lain. Air bersih yang sehat harus memenuhi persyaratan Peraturan Menteri Kesehatan No.416/MENKES/Per/IX/1990 adapun persyaratan air bersih sebagai berikut:

1. Syarat Fisik
• Jernih
• Tidak berwarna
• Tidak berasa
• Tidak berbau
• Tempratur tidak melebehi suhu udara
2. Syarat Kimia
• Tidak mengandung unsur kimiayang bersifat racun
• Tidak mengandung zat yang menimbulkangangguan kesehatan
3. Syarat Bacteriologi
• Tidak mengandung kuman parasit, kuman patogen
• Dan Bacteri Coli
4. Syarat radio aktif
• Tidak mengandung sinar alfa
• Dan sinar gama

       Perlu Anda tahu, ahli konservasi dunia memperkirakan dua dari tiga penduduk dunia akan kesulitan mendapatkan akses bersih pada tahun 2025. Sebab itu, sebanyak 25.000 ahli konservasi sempat berkumpul di Istanbul, Turki untuk membicarakan masalah kelangkaan air bersih tersebut.

       ”Perubahan iklim dan permasalahan krisis air jelas menjadi pembahasan utama dalam pertemuan mendatang, selain bencana seperti badai," kata kepala IUCN (International Union for Conservation of Nature), Mark Smith seperti dilansir RedOrbit.

BAB III
PEMBAHASAN


       Dari pemaparan yang saya paparkan diatas bahwa penghematan air memang perlu dilakukan dari sekarang karena jika terus memakai air secara tidak hemat maka akan berdampak pada anak-cucu kita kelak. Dampak-dampak yang ditimbulkan dari pemakaian air bersih secara tidak hemat adalah timbulnya berbagai macam penyakit seperti diare, cacingan,gatal-gatal akibat dari minum, mandi, dari air yang tidak steril, masyarakat global akan merasakan krisis air yaitu dimana air bersih menjadi barang yang sangat langka dan bisa lebih berharga daripada emas, manusia di dunia menjadi hidup lebih kotor daripada sebelumnya karena kurangnya fasilitas air bersih.
       Sekarang kita mengetahui bahwa gerakan penghematan penggunaan air sangatlah penting di abad 21 ini. Dikarenakan air merupakan sumber utama kehidupan manusia, tubuh manusia saja terdiri dari 70% air dan jumlah tersebut mutlak dibutuhkan agar tubuh bisa bekerja dengan baik. Dan jika kita tidak bisa mengganti air yang keluar melalui napas, keringat dan urin, kita bisa mengalami dehidrasi dan bahkan meninggal dunia, oleh karena itu manusia sangat perlu untuk menjaga ketersediaan SDA yang tidak dapat diperbarui ini yaitu air bersih.
       Jika anda sampai sekarang ini masih mengaggap bahwa air merupakan Sumber Daya Alam (SDA) yang dapat diperbarui. Buang jauh-jauh pemikiran seperti ini. Memang secara ilmu geografi yang kita pelajari selama ini bahwa air dapat diperbarui lagi melalui siklus air (siklus hidrologi) yaitu pertama-tama air menguap ke udara lalu air akan mengalami perubahan bentuk menjadi awan yang kemudian di bawa oleh angin menuju ke daratan. Saat awan-awan kecil menyatu lalu menjadi awan yang besar berwarna hitam, lalu terjadilah hujan. Air hujan yang jatuh ke bumi masuk ke dalam tanah. Lalu air yang masuk ke dalam tanah ini terus berjalan menuju ke sungai-sungai yang ada di bumi, setelah ke sungai air akan meneruskan perjalanannya ke laut lepas. Begitulah deskripsi singkat tentang perjalanan air.
       Tetapi air hujan ini bisa saja rusak kualitasnya akibat dari pencemaran udara seperti gas-gas dari kendaraan bermotor yang terbang ke atmosfir, asap-asap pabrik yang terbang ke atmosfir dan lainnya. Jika di derah pedesaan mungkin air hujan bisa turun tanpa adanya gangguan dari aktivitas ibu kota tetapi airnya juga dapat tercemar melalui pemakaian pupuk yang berlebihan oleh masyarakat, produk-produk bahan kimia seperti deterjen dan sabun, limbah rumah tangga dan lain sebagainya.
       Cara mengatasi Kebiasaan umum yang dilakukan masyarakat dalam Penggunaan air bersih secara tidak hemat adalah sebagai berikut:

1. Kurangi penggunaan air secara berlebihan dalam mandi gunakanlah shower jika mampu karena ini akan menghenat pemakaian air secara boros dan mencuci pakaian menggunakan mesin pencuci pakaian. Mencuci pakaian secara manual menggunakan bak air dan mengkucek ternyata lebih boros air. Stop melakukannya, banyak air terbuang percuma karena proses ini. Gunakan mesin cuci sebagai pengganti. Jumlah konsumsi air terpakai dapat ditekan, mencuci pun lebih efisien. Sambil mencuci kegiatan lain dapat dilakukan.
2. Bawa botol minuman dari rumah. Membeli air dalam kemasan justru bisa menyebabkan boros air bersih. Untuk memproduksi botol-botol tersebut diperlukan banyak sekali air. Selamatkan lingkungan dengan mengurangi pembeliannya , dan beli botol minuman berbahan alumunium yang dapat dipakai berulang-ulang dalam jangka waktu lama.
3. Siramlah tanaman hanya jika tanaman membutuhkannya. Amati permukaan tanah. Kondisi permukaan tanah bisa menjadi indikator tingkat kekeringan tanah. Jika tanah telah kering, maka lakukanlah penyiraman. Untuk membantu meresapkan air ke dalam tanah, buatlah lubang-lubang biopori pada taman. Lubang ini membantu mempercepat proses penyerapan air ke dalam tanah, sehingga dapat mengurangi jumlah air yang menguap bebas ke alam.
4. Periksa kran air. Jangan membiarkan air terus keluar dari kran air jika bak sudah terisi penuh segera matikan krannya. Jika ada yang tidak dapat menutup rapat, maka segeralah perbaiki atau ganti dengan yang baru.

BAB IV
Kesimpulan dan saran
A.Kesimpulan

       Jadi setelah kita mengetahui banyak dampak yang ditumbulkan dari kebiasaan hidup kita yang boros dengan air. Maka sekarang kita harus mulai merubah pola hidup kita menjadi peduli terhadap pemakaian air. Saya yakin jika seluruh orang di dunia mulai menerapkan cara hidup seperti yang telah dijelaskan di atas keselamatan serta ketersediaan air untuk masa depan masih tetap tesedia dan dapat digunakan oleh anak cucu kita di masa depan.
       Kita semua belum terlambat, ayo mulailah dari sekarang menggunakan air dengan hemat. Ingat, jangan pernah berpikir bahwa hanya karena anda punya uang maka semua akan selesai, karena pada satu titik tertentu anda akan menyadari bahwa uang tidak akan bisa membeli semuanya, mungkin saja saat uang tidak bisa membeli kebahagiaan. Seperti yang saya katakan di awal tadi air bersih nantinya akan lebih berharga daripada emas.

B.Saran

       Jika anda mulai sekarang sudah mulai memiliki kesadaran akan pentingnya menghemat air untuk masa depan maka sekarang tanamkanlah sifat kecintaan terhadap air kepada sanak saudara kita, anak kita, orang tua serta teman-teman kita. Jangan malu menyuruh dan segan menyuruh mereka agar hidup untuk hemat air karena kalau tidak kita siapa lagi yang akan mengubah pola hidup mereka untuk mulai hemat air. Dengan cara memberikan edukasi-edukasi sederhana yang dapat dipahami dari anak-anak hingga dewasa tentang air yang bersih dan sehat serta tips untuk menghemat air.
Tidak hanya saja kepada orang-orang yang kita kenal kita juga harus memberi saran untuk mulai hidup hemat air kepada orang-orang yang tidak kita kenal. Misalnya kepada tukang doorsmeer yang sedang mencuci honda kesayangan kita mereka biasanya menghidupkan kran air cukup kencang dan membiarkannya terbuang begitu saja jika penampung airnya sudah penuh, tidak salah jika kita memberi saran untuk menghemat air. Dalam konteks hemat ini kita bukan dalam artian kita pelit, tetapi memang ketersediaan air bersih di dunia sudah mulai menipis. Ayo kita jaga air untuk masa depan.














Daftar Pustaka
http://wap.vivanews.com/news/read/42117-hemat_air_bersih_dari _sekarang
Tatang.2009.”Cara Bijak Hemat Air”(Artikel):Kompas
http://Www.Wikipedia.com
Ramsar Games, 2007p
http://abahjack.com/




Riwayat Hidup

Nama Asli :Fadhil Ismi
Nama Panggilan :Fadhil, Padil, Dil
Tempat Tanggal Lahir :Banda Aceh, 3 maret 1993
Alamat : Jl.Cot reubek V No.76 desa garot dusun korpri Kecamatan darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. 23352
Riwayat pendidikan :Taman Kanak-kanak Pemda Banda Aceh
Sekolah Dasar Negeri 26 Banda Aceh (Tamat 2005)
Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Banda Aceh (Tamat 2008)
Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Banda Aceh (Sekarang)
Presatasi yang pernah diraih : 1. Juara 2 lomba operet se-kota Banda Aceh tahun 2010
2. Juara Harapan 2 dalam lomba karya tulis remaja tentang sumpah pemuda tahun 2010
3. Juara 3 Debat Bahasa Inggris se-Sman 3 banda Aceh tahun 2008
4. Peserta terbaik dalam pelatihan remaja Achievement Motivation and Training tahun 2008
Telp/hp :0651- 46059, 085360073596
Email :Ismifadhil331993@yahoo.com

No comments:

Post a Comment