Sunday, January 2, 2011

Resensi The wizard of oz


Judul Buku                  : The Wizard of Oz
Pengarang                   :L.Frank Baum
Tebal Buku                  :218 Halaman
Cetakan,Tahun            :Pertama,2009
Penerbit                       :Narasi
            The Wizard of Oz memiliki gambar cover yang sangat menarik perhatian, karena memakai gambar beberapa tokoh penting yang ada dalam cerita . Serta penulisan judul yang menggunakan tulisan berukir yang menambah kemenarikan buku ini untuk dibaca. Karakter Scarecrow di depan memperkuat bahwa buku ini menceritakan soal penyihir sesuai dengan judulnya The Wizard of Oz (Oz sang penyihir). Penulisan judul juga dihiasi oleh bingkai yang sangat tepat dan ada taburan beberapa bintang putih sehingga memperkuat kekuatan pada novel ini bahwa novel ini berceritakan tentang dunia dongeng.
            Novel yang diperuntukkan untuk anak-anak ini sangat menarik dibaca, karena deskripsi masing-masing tokoh sangat konkrit dan jelas sehingga pembaca dapat membayangkan bagaimana fisik masing-masing tokoh dengan baik. Sebuah novel klasik yang ditulis oleh L.Frank Baum pada 1900. Sebuah novel klasik yang tidak hanya indah,tapi juga berisi nilai-nilai kebijaksanaan dan keteladanan serta patut dibaca semua kalangan. Nilai yang terisi seperti tolong menolong antara satu sama lainnya serta kesetiakawanan terhadap satu sama lain tanpa pandang bulu.
            The Wizard of Oz menceritakan tentang seorang gadis kecil bernama Dorothy yang rumahnya terbawa oleh pusarang angin dan terbang ke dunia para penyihir. Dan dia bertemu dengan tiga orang teman sepangajang perjalanannya yaitu : Scarecrow, Tin Woodman, dan lion. Yang masing – masing diantara mereka semua, termasuk Dorothy menginnginkan sesuatu yang sangat besar dan harus ke Emerald City menjumpai penyihir hebat untuk menjumpai penyihir yang hebat yang bisa mengabulkan permintaan mereka.
            Alur dalam novel klasik ini sangat tepat dibaca sehingga pembaca dapat mengerti jalan cerita dengan baik. Tetapi, terlalu banyak mendeskripsikan tokoh, Bukan tokoh utama saja tetapi sampai tokoh figuran pun ikut dideskripsikan yang seharusnya itu tidak perlu. Serta pemilihan gambar cover yang kurang baik karena di situ terdapat gambar Dorothy seorang anak kecil. Sehingga buku ini terkesan sebagai novel untuk anak-anak. Orang dewasa pasti tidak akan membeli buku ini desebabkan cover tadi, tetapi novel ini akan sangat laris bagi anak-anak yang hobi membaca novel karena desain cover yang sangat menarik.

2 comments:

  1. klo kualitas terjemahanya gimana bos? sudah enak dibaca untk orang Indonesia blm?

    ReplyDelete
  2. kalo novelnya enak kok dibaca...

    ReplyDelete