Sunday, January 2, 2011

Menciptakan Generasi Yang Paling Adaptif dan Progresif di Abad-21

Adaptif menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah mudah menyesuaikan diri dengan keadaan sedangkan Progresif adalah ke arah kemajuan,berhaluan ke arah perbaikan dari sekarang dan bertingkat-tingkat naik (Balai Pustaka,2002). Jadi generasi yang paling adaptif dan progresif adalah generasi yang mampu menyesuaikan diri dengan keadaan di sekitarnya serta mampu merencanakan serta melakukan suatu tindakan agar dapat memanfaatkan segala sesuau agar ia dan lingkungannya menjadi berkembang.
Abad 21 atau yang lebih dikenal abad millennium ini merupakan abad yang kemajuan di bidang teknologinya sangat cepat dan modern. Anak muda saja bisa menghasilkan uang dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi di abad ini. Contoh saja seperti Mark Zuckerberg pemuda asal Amerika ini
bisa mendunia berkat facebooknya. Berawal dari hobinya menggunakan komputer sehingga ketika masih duduk di sekolah menengah, Zuckerberg telah mampu mengembangkan sendiri beberapa program komputer, khususnya program komunikasi dan game. Saat menjadi mahasiswa Harvard, ia berhasil menciptakan Facebook, situs jejaring sosial yang digemari orang di seluruh dunia. Facebook adalah salah satu fenomena sukses di awal abad 21. Oleh majalah Time, Zuckerberg dimasukkan ke dalam daftar orang-orang paling berpengaruh di dunia pada 2008. Pada januari 2010, Zuckerberg duduk sebagai para pemuda terkaya di dunia dengan kekayan mencapai 700 juta dolar AS, atau sekitar 7 triliun rupiah.Woow!
Zuckerberg merupakan salah satu pemuda yang paling Adaptif dan Progresif di abad 21. Kehidupan di abad 21 ini tidak lepas dari pemakaian alat teknologi. Seperti pada pemakaian komputer dari sekolah, kantor-kantor kecil sampai perusahaan besar pun menggunakannya. Remaja lain juga bisa seperi Zuckerberg langkah awal yang harus dilakukan adalah melakukan perubahan cara berpikir kepada anak muda di dunia dan yakinkan kepada mereka semua bahwa mereka semua bisa seperti orang-orang yang sudah terkenal seperti Zuckerberg. Kedua mulai menyediakan fasilitas yang sederhana seperti komputer di sekolah-sekolah dari Sekolah Dasar hingga Menengah Atas. Dengan begitu mereka sudah mengenal alat teknologi sejak dini dan saya yakin jika tenaga pendidik mengajar sungguh-sungguh begitu juga muridnya maka sewaktu ia beranjak dewasa akan menciptakan suatu program komputer untuk mendukung suatu yang ia sukai agar bisa memudahkan pekerjaannya dan ia akan mengajak orang untuk menggunakannya juga dan jika ia terus mengembangkan bisa saja ia seterkenal Zuckerberg sekarang.
Ketiga, Jika anak sedang mencoba membuat sesuatu hal yang baru maka dukunglah dia karena dukungan membuat ia lebih percaya diri untuk membuat hal-hal yang baru seperti contoh di atas. Jangan menyepelekan sekecil apapun yang dibuat sang anak jika itu agak aneh bertanyalah padanya dan terus memberi dukungan jika sesuatu yang ia kerjakan menghasilkan hal yang baik.
Yang terakhir adalah berikan ia penghargaan jika anak berhasil menciptakan sesuatu yang baru maka berikanlah sebuah penghargaan dengan begitu anak akan merasa dihargai atas kerja kerasnya selama ini dan ia akan terus mencoba hal-hal baru dan menemukan sesuatu yang lebih luar biasa lagi jika di lingkungan rumah penghargaan bisa membelinya Handphone baru atau memasak makanan kesukaannya. Jika di lingkungan sekolah bisa berupa piagam penghargaan.
Saya yakin jika keempat hal di atas diterapkan di sekolah dan di rumah maka sang anak akan menjadi adaptif dan progresif di abad 21 karena ia memanfaatkan kecanggihan teknologi di abad 21 ini untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berguna bagi ia dan membuat kehidupan di dunia berubah menjadi lebih maju.Sang anak dapat mandiri sekaligus membantu orang tua dalam hal ekonomi. Jika semua anak di didik seperti itu maka banyak anak yang akan memanfaatkan waktu lebih baik untuk membuat sesuatu yang berguna.






Keterangan:Ini merupakan satu karya yang sangat kubanggakan walaupun aku tidak menang dalam perlombaan ini aq sangat bangga. Karena lomba ini merupakan lomba menulit Internasional yang diselenggarakan oleh Modernisator.org kira-kira mungki mei 2010 yang lalu.

No comments:

Post a Comment